2 Komplotan Pelaku Curanmor Dibekuk, 4 Orang Buron

Surabaya, koranmemo.com – Subdit III Jatanras, Ditreskrimum Polda Jatim meringkus dua orang pelaku pencurian disertai pemberatan (Curat) dan pencurian kendaraan bermotor (curanmor), sekaligus penadah barang curian.

Dua tersangka yang berhasil ditangkap yakni, M Imron alias, Baron (36), asal Purwodadi, Kabupaten Pasuruan dan Moch Solikin (32), asal Kota Malang, Jawa Timur.Wadireskrimum Polda Jatim, AKBP Juda Nusa Putra menjelaskan, tersangka Imron, alias Baron ditangkap di rumahnya di daerah Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, Sabtu (22/9/2018). Selanjutnya hasil pengembangan telah ditangkap tersangka Moch Solikin, Kamis (4/10/2018).

“Kedua tersangka ini diketahui masih dalam satu jaringan pelaku Curat dan Curanmor baik roda dua maupun roda empat,” ungkapnya saat Konferensi Pers di halaman Ditreskrimum Polda Jatim, Senin (8/10/2018).

Dikatakan, komplotan pelaku spesialis Curat dan Curanmor ini  berjumlah enam orang, namun empat pelaku lainnya masih  buron yakni M alias P (36), J (45), A alias ARP (30), AMBN (40), Dan MS alias LH, alias LK (32). Komplotan ini diketuai oleh Imron, alias Baron, yang juga sebagai penadah hasil kejahatannya.

“Hasil curian tersebut, oleh jaringan ini semuanya dijual ke saudara Imron. Jadi tersangka ini merupakan penadah dan sekaligus pemain,” terangnya.

Dijelaskan, modus kejahatan yang mereka lakukan yaitu berbagi tugas adalah, dengan cara dua orang melakukan pengawasan lingkungan yang di targetnya. Sedangkan dua orang lainnya sebagai eksekutor. Serta sisanya, tetap bertugas memantau di dalam kendaraan.

“Tersangka ini dalam targetnya yakni mengincar kendaraan yang kerap ditinggal oleh pemiliknya di halaman rumah atau dipinggir jalan dan rumah kosong juga tidak luput dari incaran mereka,” jelasnya.

Kasubdit III Jatanras, Ditreskrimum Polda Jatim AKBP Leonard M. Sinambela mengatakan, ketika ditangkap tiga unit kendaraan roda empat ini masih dalam penguasaan tersangka Baron.

“Barang bukti roda empat semuanya masih di bawah penguasaan tersangka Baron, sedangkan roda dua yang sebagian sudah laku terjual ke wilayah Madura,” ujarnya.

Barang bukti yang berhasil diamankan masing-masing adalah, tiga unit sepeda motor dan tiga unit mobil berikut surat-surat kendaraan STNK dan BPKB, serta beberapa kunci leter T sebagai sarana tersangka dalam melancarkan aksinya, dan beberapa tas slempang.

Reporter: M. Fauzi

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date