2 CJH Meninggal Dunia

Nganjuk, koranmemo.com – Kemenag Kabupaten Nganjuk menggelar pelatihan manasik haji terhadap ratusan calon jemaah haji (CJH), Rabu (11/7) di Gedung Wanita, Nganjuk. Dari total 770 CJH yang siap diberangkatkan, dua di antaranya meninggal dunia sebelum melakukan pelunasan.

Kasi Haji Kabupaten Nganjuk, M. Afif Fauzi menjelaskan, pelatihan manasik haji ini sengaja diselenggarakan guna memberikan pembekalan kepada para calon jemaah haji, sehingga diharapkan para jemaah nanti dapat beribadah secara mandiri ketika berada di tanah suci dan tidak mengalami ketergantungan dengan orang lain.

“Untuk persiapan pemberangkatan sudah kita mulai dengan melaksanakan manasik haji terlebih dulu. Yang pertama di tingkat Kabupaten pada 11 Juli 2018, selanjutnya akan diadakan di tingkat kecamatan selama enam hari,” ujarnya.

Afif menyebutkan, setelah semua proses itu selesai baru pihaknya akan memberangkatkan 770 CJH asal Kabupaten Nganjuk. Adapun calon jemaah haji yang gagal berangkat untuk tahun ini sebanyak dua orang. Penyebabnya lantaran kedua jemaah tersebut meninggal dunia sebelum melakukan pelunasan.

Akan tetapi, kata Afif, untuk jemaah yang wafat ini dari kementerian agama memiliki kebijakan baru, sehingga untuk tahun ini jemaah haji yang meninggal dunia bisa digantikan oleh ahli warisnya. Namun dengan catatan, sepanjang meninggalnya itu pada batas waktu yang sudah ditentukan.

“Artinya jemaah sudah dipastikan berangkat tahun ini. Kalau masih tahun depan tidak bisa. Jadi, untuk calon jemaah yang berangkat tahun ini, bagi yang meninggal bisa digantikan ahli waris, baik yang sudah melunasi maupun yang belum.” paparnya.

Afif menyampaikan, adapun dari kedua calon jemaah yang meninggal itu, yang satu sudah diurus untuk pengganti ahli warisnya. Sedangkan, yang satunya lagi dibatalkan atau uangnya diambil oleh pihak keluarga.

Data yang dihimpun koranmemo.com, keberangkatan calon jemaah haji asal Kabupaten Nganjuk pada tahun ini terbagi menjadi dua kloter, yakni kloter 59 dan kloter 62. Untuk jadwal pemberangkatan, kloter 59 dijadwalkan 5 Agustus 2018 masuk asrama haji jam 19.00 WIB. Sedangkan untuk kloter 62 dijadwalkan berangkat 7 Agustus 2018 dan masuk asrama pukul 07.00 WIB.

Tahun ini jumlah calon jemaah haji yang berangkat mengalami kenaikan dibanding tahun sebelumnya. Rinciannya, pada tahun lalu jumlah jemaah yang berangkat 735 sedangkan tahun ini menjadi 770 CJH.

Reporter: Andik Sukaca

Editor: Della Cahaya Praditasari

Follow Untuk Berita Up to Date