2 Bulan Sumur Mengering, Warga Kekurangan Air Bersih

Nganjuk, koranmemo.com – Krisis air kini  melanda sebagian besar wilayah Kabupaten Nganjuk, salah satunya yang parah di Dusun Kedung Celeng Desa Ketawang Kecamatan Gondang. Warga setempat harus berjuang memperoleh air bersih lantaran sumur-sumur sudah mengering sejak dua bulan ini.

Pantauan Koranmemo.com di lapangan, masyarakat di daerah tersebut harus menyeberang ke desa sebelah untuk mendapatkan air bersih. Kekeringan tidak hanya pada sumur, tetapi sungai sekitar yang biasanya dialiri air kini kering kerontang.

“Untuk memenuhi kebutuhan air harus ambil ke desa sebelah mas. Ini saya juga mengambil sumbernya melalui pipa paralon, tapi ya dapatnya sangat sedikit seperti ini,” ujar Riyadi, warga setempat, Selasa (26/9).

Pria berusia 35 tahun ini menambahkan, beberapa waktu lalu dia baru saja mencabut pipa pompa air di sumur rumahnya. Alasannya karena pipa yang menancap 4 meter di bawah dasar sumur miliknya tidak lagi mampu menyedot air. “Pipa pompa air saya cabut karena sudah tidak mampu menyedot air,” ujarnya.

Sementara itu, Ahmad Soel, yang tinggal tak jauh dari Riyadi mengaku selama musim kemarau tahun ini belum mendapat bantuan dari pemerintah. “Tahun ini baru dapat bantuan air dari Polres Nganjuk. Kalau pemerintah daerah belum. Kami berharap segera ada bantuan air kepada warga sini,” ungkapnya.

Reporter: Andik Sukaca

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.