164 Pengungsi dari Palu Tiba di Juanda

Sidoarjo, koranmemo.com – Para pengungsi gempa dan tsunami Palu dan Donggala Sulawesi Tengah telah tiba lagi di Bandara Internasional Juanda, pukul 06.15 WIB, Kamis (4/10). Kali ini sebanyak 164 orang tiba dengan menggunakan pesawat Hercules C 130 A-1316 milik TNI AU dari Palu pilot Mayor PNB Dodik.

Kedatangan ratusan orang tersebut disambut oleh Dandim 0816/Sidoarjo dan Kadisops Lanud.  Selanjutnya mereka didata dan disambut pihak keluarga yang sebagian sudah menunggu di Base Ops Lanudal Juanda

Bagi para pengungsi yang tidak dijemput oleh pihak keluarga, TNI AL (Marinir) menyediakan armada untuk memfasilitasi dengan mengantar sejumlah pengungsi hingga ke terminal Bungurasih, Waru, Sidoarjo.

Dari ratusan pengungsi yang tiba, ada 6 orang harus dilarikan ke rumah sakit milik Angkatan Laut (Rumkital) DR Soekantio Tjahja di Lanudal Juanda. “2 orang patah tulang dan 4 lainnya luka-luka sehingga memerlukan perawatan medis,” jelas Dandim 0816/Sidoarjo, Letkol Kav Arief Cahyo Widodo saat di lokasi.

Dari data yang diterima koranmemo.com, sebanyak 47 pengungsi diangkut menggunakan dua truk milik TNI AL (Marinir) ke terminal Bungurasih. Tujuannya mereka segera kembali ke rumahnya atau para saudaranya yang ada di Jawa Timur.

“Dengan bantuan mobil dinas milik TNI AL sejumlah pengungsi diantar ke terminal Bungurasih. Harapannya, disana, mereka bisa menggunakan bus untuk segera bertemu dengan pihak keluarganya masing-masing,” tambah Dandim.

Sementara, sebanyak 52 orang pengungsi  diantar ke tujuannya menggunakan Elf yakni ke Cepu, Magetan, Malang dan Jombang. Kemudian, 4 pengungsi asal Rungkut Surabaya yang tiba di jemput pihak keluarga dengan menggunakan mobil pribadi.

Selain itu, 5 orang dengan tujuan Probolinggo dan 4 orang dengan tujuan Bojonegoro diantar menggunakan mobil pribadi agar segera bisa bertemu dengan keluarganya.

Kendaraan milik TNI AL juga di sediakan bagi pengungsi agar bisa bertemu dengan sanak saudaranya. 7 orang menggunakan fasilitas tersebut dengan tujuan Sumenep, Madura dan Malang, Jawa Timur.

Sebanyak 40 orang pengungsi gempa dan tsunami di Palu dan Donggala Sulawesi Tengah akhirnya dijemput oleh pihak saudaranya masing-masing. Hingga sekitar pukul 08.35 WIB kegiatan tersebut berjalan aman dan lancar.

Reporter: Yudhi Ardian

Editor: Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date