16 Napi Ikut UNBK Paket B

Ngawi, koranmemo.com Sebanyak 16 narapidana (napi) atau warga binaan (WB) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B Ngawi mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) program penyetaraan ijasah SMP melalui kejar paket B.

Kepala lembaga Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Pengayoman atau Lapas II B Ngawi Mas Indra Prawoto mengatakan, pelaksanaan UNBK selama tiga hari mulai 4 Mei 2018 berakhir 6 Mei 2018.

Ada 6 mata pelajaran yang diujikan dengan pengawasan ekstra ketat dari berbagai pihak. “Jumlah peserta ujian Paket B di PKBM sini (Lapas Ngawi-red) totalnya ada 17 orang. Namun dari keseluruhan itu hanya satu dari luar Lapas sedangkan yang lainya itu semuanya para napi selaku warga binaan,” katanya.

Dijelaskan, para WB peserta UN kali ini rata-rata mereka tersangkut kasus pencurian, kekerasan hingga bondet atau kasus yang berhubungan langsung dengan perempuan seperti pencabulan dan pemerkosaan.

Dan mereka mayoritas mendapat vonis dari kasusnya masing-masing paling lama 4 tahun, minimalnya 1 tahun penjara. Sebelum mengikuti ujian akhir para WB tersebut mendapatkan materi pelajaran 4 kali dalam seminggu melalui tutor yang diambilkan dari Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Ngawi.

“Sangat kita apresiasi terhadap mereka dimana semangatnya belajar itu luar biasa. Dan ini memberikan ruang positif bagi kehidupanya setelah keluar dari Lapas nanti,” jelasnya.

Reporter: Dika Abdillah/Juremi
Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date