144 Desa di Ngawi Belum Cairkan Dana Desa

Ngawi, koranmemo.com – Memasuki triwulan II, masih ada 144 desa di Kabupaten Ngawi yang belum mengajukan pencairan dana desa (DD) tahap pertama. Akibatnya pembangunan desa terhambat.

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Ngawi Bambang Supriyadi mengatakan, sampai saat ini masih cukup banyak desa yang belum mengajukan pencairan DD tahap pertama. “Baru sebanyak 69 desa saja yang mengajukan pencairan DD tahap pertama, yang lainnya belum,” katanya, Senin (13/5).

Pihaknya mengaku belum mengetahui alasan 144 desa belum mengajukan pencairan DD tahap pertama. Apakah desa belum mengajukan atau menunggu rekomendasi dari kecamatan. “Atau mungkin masih berhenti di bupati, kami tidak tahu,” terangnya.

Dalam masalah ini, Bambang menilai Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa perlu mendesak desa terkait.
“Kalau seperti ini yang harusnya ngoyak-ngoyak itu DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa). Bukan kami,” tegasnya.

Sesuai aturannya untuk pengajuan DD tahap kedua itu minimal penyerapan tahap pertama sudah 75 persen dan realisasi fisiknya sebesar 50 persen. “Kalau sampai sekarang belum dicairkan, kami khawatir nanti tidak bisa memenuhi syarat tersebut,” ungkapnya.

Reporter Dika Abdilah/Juremi

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date